Rabu, 30 Maret 2011

Sindroma Goodpastur

Apa itu Sindroma Goodpasture

Sindroma Goodpastur adalah penyakit langka yang berupa penyakit autoimun yang menyerang pada ginjal dan paru. Autoimun itu sendiri adalah suatu kondisi dimana sistem pertahanan tubuh bereaksi terhadap bagian tubuh yang lainnya. Pada kondisi normal sistem imun menciptakan antibodi untuk menyerang kuman. Pada sindroma Goodpasture, sistem imun membentuk antibodi yang menyerang paru-paru dan ginjal. Mengapa hal ini terjadi masih belum bisa dipahami. Sejumlah penelitian menemukan beberapa kemungkinan penyebab, yaiitu adanya suatu komponen yang diwariskan, terekspose bahan kimia tertentu, termasuk cairan hidrokarbon, pembunuh rumput liar dan juga infeksi virus.

Gejala yang mungkin timbul pada Sindroma Goodpasture

Sindroma Goodpasture dapat menyebabkan orang batuk darah atau perasaan terbakar saat berkemih. Namun tanda-tanda yang muncul awal dapat samar yaitu kelelahan, mual, kesulitan bernafas, atau pucat. Tanda-tanda ini dapat diikuti gangguan ginjal, yang ditandai dengan adanya darah dalam jumlah kecil pada urin, atau protein, dan penemuan klinis dan laboratoris lainnya. [Top]

Bagaimana vcara mendiagnosisnya?

Tes darah, namun biopsi pada ginjal dan paru-paru mungkin penting utnuk mengetahui adanya antibodi yang berbahaya.

Bagaimana sindroma Goodpasture diobati?

- Imunosupresif oral seperti cyclophosphamide dan corticosteroids

Untuk mencegah sistem imun membuat antibodi. Kortikosteroid dapat diberikan secara intravena untuk mencegah perdarahan pada paru-paru.

- Suatu proses yang disebut Plasmapharesis dapat membantu dan penting untuk menyingkirkan antibodi yang berbahaya dari peredaran darah. Proses plasmapharesis, darah dari pasien diambil sekitar 300ml dan kemudian ditempatkan pada sentrifus utnuk memisahkan sel darah merah dan sel darah putih dari plasma. Sel2 tersebut kemudian dipindahkan ke plasma subtitusi untuk dikembalikan ke tubuh. Prosedur ini biasanya dikombinasikan dengan pengobatan imunosupresif

Sindroma Goodpasture dapat berlangsung dari beberapa minggu sampai 2 tahun. Perdarahan pada paru dapat menjadi serius dan fatal pada beberapa kasus. Tapi biasanya sindroma goodpasture biasnya tidak sampai mengakibatkan kerusakan paru permanen. Namun kerusakan pada ginjal dapat permanen. Jika terjadi gagal ginjal, diperlukan dialisis atau transplantasi ginjal.untuk membuang produk buangan dan kelebihan cairan dari darah.


sumber: http://www.kidney.niddk.nih.gov/kudisease/pubs/goodpasture/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar