Kamis, 15 Juli 2010

Jerawat ( Acne Vulgaris)

Acne atau jerawat terjadi karena inflmasi unit pilosebacea pada daerah tubuh tertentu seperti wajah, punggung dan yang jarang yaitu pantat) biasnya terjadi pada orang dewasa (85% deasa muda) yang manifestasi atau wujudnya dapat berupa komedo, papulopustul, nodul, dan kista. Jaringan parut, binitk2, atu cekungan dapat mengikuti semua tipe acne. Onest timbul biasanya pada umr 10-17 thn untuk wanita dan 14-19 thn untuk pria, dan lebih sering terjadi pada pria.

Faktor yang penting menimbulkan jerwawat yaitu keratinisai folikuler, androgen dan Propionibacterium acne. Atau secara umum kulit, hormin dan bakteri. Keratinisasi pada unit pilosebacea menyebabkan sumbatan dari kelenjar sebum. Sumbatan ini nantinya yang disebut komedo yang merupakan “bom waktu” terjadinya jerawat. Interaksi komedo ini dengan androgen dan bakteri menyebabkan inflamsi pada unit pilosebacea Androgen sendiri menyebakan meningkatnya produksi sebum, dan bakteri memicu lepasnya medioator2 yang menyebabkan inflamasi. Inflamasi tadi dapat berlanjut menjadi papul, pustul, atau nodul. Faktor lain yang berkontribusi yaitu minyak, obat2an seperti glukokotikoid, kontrasepsi oral, INH, iodin, coklat, makanan berlemak selain stress juga dapat memicu jerawat.

Penanganan yang dapat dilakukan yaitu mebersihkan wajah secara teratur, untuk mengurangi minyak dan koloni bakteri. Selain itu dapat di beri antibiotik topikal seperti clindamicin ( mediklin atau dalacin-T) atau eritromisin. Pengobata tiap orang berbeda tidak sama oleh karena itu perlu dikonsultasikan dengan dokter. Selain itu menghindari faktor2 pemicu seperti makanan berlemak atau sering memegang2 wajah.

Dari pengalaman saya sebagai penderita jerawat, dulu saya menggunakan dalacin-T yang bentuk cair atau Mediklin cair, bukan yang salep, jerawat cepat kering dan mudah di ambil. Namun akhir2 ini sudah tidak manjur lagi, lalu saya coba gunakan Vanquin (chlorampenicol+hidrokortison) plus cream (obat dermatitis terinfeksi), tidak terlalu memberi dampak yang berarti. Lalu setelah searching2 di internet saya mencoba Caladine Lotion (calamine+zinc oxide+dimenhidramine) yang saya berikan waktu malam hari setelah mencuci muka, jerawat yang saya miliki menjadi berkurang dan mengecil, hal lain yang saya lakukan adalah mencuci muka setiap habis pergi ke luar rumah, selaion tiu mengoleskan vanquine plus pada pagi dan sore hari. Sebenarnya pemberian kortikosteroid masih belum saya pelajari lebih lanjut tapi yang jelas hidrokortison memiliki antiinflamasi, dan dimenhidrinat merupakan antihistamin. Pengobatan lain yang bisa dilakukan yaitu menggunakan retinoid topical (tretinoin, adapelene) tapi sya belum mempelajarinya lebih lanjut.

Semoga bermanfaat, info lebih lanjut bisa membuka website: http://www.aad.org/pamphlets/acnepamp.html

sumber fitzpatrick

Tidak ada komentar:

Posting Komentar