Sabtu, 24 Juli 2010

Cara baru mengatasi jerawat: Terapi calamine lotion untuk acne (jerawat)

Terapi calamine lotion untuk acne (jerawat)

Calamine lotion adalah terapi topikal yang merupakan kombinasi zinc oxide dengan besi (II) oxide yang berguna utnuk mengurangi iritasi yang berkaitan dengan kontak deramtitis. Biasanya tampak sebagai cairan kental berwarna pink. Calamine lotion menyebakan kulit menjadi kering dan dapat menjadi iritant jika mengenai kulit yang kering. Namun jarang yang menjadi efek samping yang parah
Manfaat zinc oxide (zink oksida) bagi kulit yaitu membantu penyembuhan scar pada kulit, mengontrol inflaamsi dan kelebihan minyak. Selain itu meningkatkan sistem imun khususnya kulit. Zinc oxide banyak digunakan utnuk berbagai kelainan seperti scar dan rash, ulkus dekubitus, deramtitis, eczema, jamur, psoriasis, ring worm, dan luka-luka yang sulit disembuhkan, selain itu bisa digunakan sebagai sun screen lotion dan melindungi kulit dari polusi.
Zinc oxide dapat membantu mencegah kelainan dan juga meregulasi kelenjar sebacea. Zat ini merupakan gabungan mineral dengan oksigen yang sangat efektif untuk terjadinya sintesis protein dan meningkatkan sistem imun. Sistem imun yang baik dapat membantu penyembuhan luka yang merupakan salah satu alasan zinc oxide digunakan untuk treatment jerawat.
Pernah penelitian menunjukan bahwa campuran zinc oxide dengan sulfur dapat membersihkan jerawat dalam satu hari. Sulfur digunakan utnuk melawan bakteri dan zinc oxide digunakan untuk mengatasi rash nya. Zat lain yang dapat diatambahkan yaitu minyak teh, vitamin E dan aloe vera.
Penggunaan calamine lotion untuk menangani jerawat yaitu:
1. Cuci wajahmu dengan sabun secara lembut.
2. Keringkan wajahmu, lalu aplikasikan wajahmu dengan calamine lotion pada jerawat yang ada lalu tunggu kering dan biarkan semalaman sampai pagi hari. Jangan sampai kena mata ya.
3. Pagi harinya mandi dan bersihkan wajah. Gunakan calamine lotion setiap malan dan hasilnya akan nampak dalam seminggu.
Produk calamine lotion yang tersedia di Indonesia yaitu Caladine lotion produksi Galenium Pharmasia harganya Rp. 9.375,- (60ml) yang berisi Calamine5%, Zinc Oxide 10%, Diphenhydramine HCL 2%
Di labelnya diindikasikan utnuk gatal karena biang keringat, udara panas, gigitan serangga, juga dapat berfungsi sebagai anti-alergi, anti-septik dan penyejuk kulit.

http://www.wisegeek.com/what-is-calamine-lotion.htm
http://www.buzzle.com/articles/zinc-oxide-for-acne.html
http://www.christianet.com/acne
http://www.ehow.com/how_4840397_clear-acne-calamine-lotion.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar